Jumat, 13 Agustus 2010

Bluefin: Resto Jepang Pilihan di Kuta Square


Bondan Winarno - detikFood
Jakarta - Selama ini, bila ditanya referensi tentang restoran Jepang di kawasan Kuta-Legian, jawab saya selalu sama: Take di Jalan Patih Jelantik. Tetapi, itu sebelum saya 'menemukan' Bluefin, tidak jauh dari Kuta Square, bersebelahan dengan Arena, sebuah cafe bar yang sangat populer. Sekarang, bila ditanya, saya selalu menyebutkan Bluefin lebih dulu, baru Take.
   
Penampilan Bluefin mencerminkan positioning-nya sebagai restoran modern yang manyajikan sajian fusion berfokus Jepang. Dinding kaca yang merupakan wine chiller - dengan ratusan botol wine berjejer-jejer di dalamnya - meneguhkan posisi itu. Artinya, di sini tidak hanya bersantap dengan dampingan sake, melainkan juga wine.
   
Di buku menu-nya juga tercantum definisi fusion, yaitu: 1). A merging of diverse, distinct or separate elements into a unified whole, 2). A combination of two different styles. Ini tentunya untuk memudahkan orang memahami karakter sajian Bluefin.
   
Di bagian appetizers, kesan fusion itu langsung tampak dari berbagai tawaran ini: korean hot plate, salmon carpaccio, salmon tataki, ebi gyoza, roast duck breast, camembert + garlic bread. Harga antara Rp 34 - 65 ribu.
   
Sup-nya juga fusion, seperti: kimchi seafood, araziro, seafood veloute, korean seafood soup, dan mixed mushroom sauce, dengan harga antara Rp 35 - 52 ribu.
   
Sekalipun saya sangat suka salad rumput laut (wakame) yang khas Jepang, harus saya sukai bahwa saya sangat menyukai sajian salad Bluefin dengan sentuhan fusion. Favorit saya adalah duck salad (Rp 45 ribu) - yaitu beberapa iris tebal duck confit yang empuk di atas serpihan berbagai jenis lettuce, dengan saus wijen yang harum dan gurih, ditaburi kacang mede, serta dihias dengan beberapa iris jeruk dan telur burung puyuh rebus. Sajian salad lainnya adalah: salmon salad, crab salad, dan lobster salad. Yang terakhir ini paling mahal, Rp 210 ribu, karena disajikan dengan seekor lobster utuh.
Pengelompokan appetizer, soup, salad, dan main course pun bukan sesuatu yang lumrah dalam kuliner Jepang, melainkan diadopsi dari konsep Barat. Pilihan wine yang cukup luas juga akomodatif untuk menu yang ditawarkan.
   
Untuk makanan utama, buku menu-nya yang setebal 30 halaman itu menawarkan pilihan yang sangat luas, dibagi dalam berbagai kelompok: yakimono, agemono, nigiri sushi, temaki (hand-roll sushi), gunkan (gun-bot sushi), funamori sashimi, makimono (sushi yang dibungkus nori), fusion roll, donburi, robatayaki, grilled items (antara lain wagyu steak yang dibandrol Rp 400 ribu), dan berbagai pilihan soba/udon/ramen. 
   
Singkat kata, kalau mau memberi kejutan bagi si jantung hati, atau memberi impresi kepada rekan bisnis, Bluefin adalah tempat fine dining yang cozy dan sajian yang mak nyuss! Jangan lewatkan. (Bondan Winarno)

Bluefin
Japanese Fusion and Lounge
Jl. Kartika Plaza, Kuta  
(lantai dasar Hotel Ramayana)
0361 764100
www.rama-restaurants-bali.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar